Ciputra Entrepreneurship

Ciputra Entrepreneurship

Ayo Buat Minimarket Sendiri

19 Feb 2013 Hits : 7,204

Saat ini, bisnis ritel makin menjamur. Fenomena ini terlihat dari banyaknya minimarket yang semakin tersebar di banyak tempat. Meningkatnya konsumsi masyarakat menjadi pemicu bisnis ini makin banyak pelakunya. Meski begitu, bisnis ritel ini tetap menjanjikan.  

Karena banyaknya pesaing, Anda harus memiliki strategi khusus jika ingin terjun di bisnis ini dengan membuka minimarket sendiri untuk menghemat biaya investasi. Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

Investasi
Investasi yang dikeluarkan untuk membuka minimarket sangat fleksibel. Pastikan, modal yang Anda siapakan cukup untuk membuat gerai, display dan juga belanja barang.

Apabila Anda telah punya lokasi sendiri, tentunya modal yang Anda keluarkan dapat ditekan. Misalkan, Anda ingin memiliki minimarket yang persediaan barangnya setara ritel ternama seperti Indomaret atau Alfamart Anda dapat menggelontorkan Rp 50 juta untuk membeli barang.

Pilih lokasi yang tepat
Pastikan lokasi yang Anda pilih strategis dan mudah di akses. Lokasi yang Anda pilih lebih baik berada di pinggir jalan ramai, lebih baik di pertigaan atau perempatan. Lokasi di gerbang masuk kompleks juga cukup baik. Ingat, lokasi sangat menentukan keberhasilan bisnis Anda.

Produk yang dijual
Agar keuntungan yang diperoleh maksimal, produk yang dijual harus menyesuaikan kebutuhan konsumen di sekitar lokasi. Jika minimarket Anda berada di kawasan perumahan menengah jualah produk makanan-minuman dan juga kebutuhan sehari-hari dengan harga murah.

Jika lokasi usaha ritel berada di kawasan mewah, jualah produk yang berkelas. Kalau perlu, Anda juga menjual produk impor yang akan membuat minimarket Anda makin berkelas.

Pelayanan konsumen
Pastikan minimarket yang Anda kelola memberikan pelayanan lebih dibanding kompetitor yang ada. Misalkan, tawarkan layanan antar barang untuk penjualan dalam jumlah tertentu. (as/dari berbagai sumber)