Ciputra Entrepreneurship

Ciputra Entrepreneurship

Prospek Usaha Tambal Ban

24 Jun 2011 Hits : 5,595

Volume kendaraan bermotor, baik roda dua dan empat, di kota besar semakin meningkat setiap tahunnya. Peningkatan jumlah kendaraan bermotor ini bisa ditanggapi sebagai peluang bisnis yang bagus untuk mendirikan usaha tambal ban. Bisnis tambal ban termasuk jenis usaha yang mudah untuk dikelola. Modal yang diperlukan pun tak terlampau besar. Tertarik?

 

Ada beragam kemudahan dalam mendirikan bisnis ini yang membawa keuntungan bagi pengusaha tambal ban, yakni :

1. Lokasi bisa dimana saja asalkan berada di pinggir jalan yang sering dilalui kendaraan bermotor. Jenis usaha seperti ini pun cocok dijadikan bisnis rumahan.

2. Investasi modal untuk peralatan tidak terlalu besar.

3. Bisa dikelola perorangan.

 

Bisnis tambal ban juga mempunyai prospek cerah karena:

1. Bisa dikembangkan menjadi bengkel, berskala kecil atau besar, bila si pengelola mempunyai wawasan luas serta keahlian mengenal seluk beluk mesin kendaraan bermotor.

2. Bisnis ini termasuk tak lekang waktu sepanjang jumlah kendaraan bermotor terus mengalami peningkatan.

3. Bergantung pada sesuatu hal diluar kendali seseorang yaitu ban bocor. Meski ingin sekali dihindari namun ban bocor bisa terjadi kapan dan dimana saja. Maka itu, jasa tambal ban akan selalu dibutuhkan oleh semua orang.

 

Yang harus diperhatikan dari usaha ini adalah :

1. Persaingan yang sangat ketat terutama bila usaha tersebut berlokasikan di pinggir jalan raya yang tergolong padat kendaraan.

2. Kejujuran sangat dituntut dari usaha jenis ini. Jangan melakukan tindakan licik misalkan dengan menebar paku atau benda kecil tajam lain hanya untuk menarik konsumen. (*/dari berbagai sumber)