Ciputra Entrepreneurship

Ciputra Entrepreneurship

Cara Mencari Mitra Untuk Berbisnis

28 Jan 2014 Hits : 2,152

Adakalanya, membangun bisnis dengan teman menghasilkan sesuatu yang besar. Namun tak sedikit pula pertemanan menjadi retak hanya karena bisnis.Pepatah mengatakan: “lebih baik memiliki teman dari bisnis ketimbang berbisnis dengan teman”. Hal itu mengambarkan betapa partner dalam bisnis bisa menyulitkan atau membantu perkembangan bisnis Anda.

Jika Anda sedang memulai membangun bisnis dan membutuhkan partner, beberapa saran berikut mungkin bisa menjadi pertimbangan.

Visi yang sama. Partner yang memiliki visi yang sama dengan Anda akan memudahkan arah pengembangan bisnis. Cara untuk mengetahui visi calon partner bisnis Anda adalah dengan melakukan pendekatan personal dan lebih intens dalam berdiskusi.

Ikat dengan komitmen tertulis.
Setelah Anda menemukan orang dengan visi bisnis yang sama, ikatlah dengan menuliskan komitmen bersama. Perjanjian hitam di atas putih akan menunjukkan keseriusan Anda dan partner.  Jangan lupa melakukan perjanjian pembagian hasil.

Berbagi jobdesk.
Bisnis yang baik adalah bisnis yang dikelola oleh orang-orang yang paham tugas masing-masing. Jadi ketika Anda memiliki partner bisnis, pastikan Anda dan mereka telah menentukan pembagian tugas masing-masing.

Wanprestasi.
Jika ternyata kerja sama Anda dan partner terhenti di tengah jalan, maka Anda dan partner harus memikirkan pembagian aset dan pertanggungan kerugian. Bicarakan itu sejak awal dengan saling jujur.

Sudah siap untuk mencari partner bisnis ideal? (readersdigest)