Ciputra Entrepreneurship

Ciputra Entrepreneurship

Ultra Jaya, Produsen Susu asal Bandung

21 Jun 2010 Hits : 5,493

P.T. Ultra Jaya Milk Tbk. merupakan perusahaan multinasional yang memproduksi minuman yang bermarkas di Jalan Raya Cimareme 131, Padalarang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Perusahaan ini awalnya merupakan industri rumah tangga yang didirikan pada tahun 1958, kemudian menjadi suatu entitas perseroan terbatas pada tahun 1971. Perusahaan ini merupakan pioner di bidang industri minuman dalam kemasan di Indonesia, dan sekarang memiliki mesin pemroses minuman tercanggih se-Asia Tenggara.

Pada awalnya perusahaan yg berawal dari sebuah rumah di Jalan Tamblong Dalam, Bandung, ini hanya memproduksi susu. Namun seiring perkembangannya, Ultra Jaya juga memproduksi juice dalam kemasan bermerek Buavita dan Gogo serta memproduksi Teh Kotak, Sari Asem Asli dan Sari Kacang Ijo. Sejak tahun 2008 merek Buavita dan Gogo dibeli oleh P.T. Unilever Tbk. Hal ini membuat, Ultra Jaya bisa kembali ke bisnis utamanya, yaitu produsen susu.

Perusahaan yang didirikan oleh Ahmad Prawirawidjaja, seorang pengusaha Tionghoa yg sudah bermukim di Bandung, sekarang dikomandani oleh generasi kedua, yaitu Sabana Prawirawidjaja, dan siap-siap diteruskan kepada generasi ketiga, Samudera Prawirawidjaja.

Ultra Jaya menggunakan sistem komputerisasi yang sudah terintegrasi, yaitu SAP, sejak tahun 2002. Bahkan perusahaan ini merupakan salah satu rujukan implementor SAP yang dinilai cukup sukses di dalam mengadopsi hampir semua modul SAP.