Ciputra Entrepreneurship

Ciputra Entrepreneurship

SITUS JUAL BELI ONLINE GRATIS
Ciputra News

Limbah Jambu Mete Jadi Bahan Bakar Alternatif

04 Feb 2010 Hits : 1,527

Lima mahasiswa UGM, Eko Suyanto, Sandi Gunawan, Fajar Budi Prasetyo dan Andrie Javs menelurkan ide kreatif penelitian. Ide tersebut bermula dari kepedulian Eko Suyanto terhadap banyaknya limbah kacang mete di Wonogiri yang tidak dimanfaatkan. Kemudian bersama Sandi Gunawan dan dua rekannya, tercipta sebuah solusi kreatif dan inovatif yang berhasil menyulap limbah Anacardium occidentale L atau lebih kita kenal sebagai jambu mete menjadi biobriket sebagai bahan bakar alternatif. Biobriket dari kulit jambu mete ini dinamai Anacardium briket atau disebut juga Anabri.

Proses penelitian Anabri melalui beberapa tahapan. Tahap pendahuluan dengan mencari lem kanji dan serbuk arang kulit jambu mete, lalu dilakukan pengujian sampel. Secara teknis, pembuatan Anabri dilakukan dengan penjemuran limbah kulit jambu mete, dan meletakkannya di atas lempengan logam atau seng. Kemudian, kulit jambu mete dibakar sampai terbentuk arang. Lalu, arang-arang tersebut ditumbuk halus dan disaring.

Setelah itu, arang kulit jambu mete direkatkan dengan lem kanji dan dicetak dengan alat pencetak. Terakhir, dikeringkan dengan oven untuk menghilangkan kadar air dalam biobriket hingga mencapai berat konstan. Mengenai uji sampel, dilakukan setelah pencetakan, yang meliputi uji kalor, kadar karbon, kadar air, dan periode nyala.

Dari uji tersebut diketahui bahwa biobriket paling optimal adalah dengan perbandingan lem kanji dan serbuk arang kulit biji jambu mete satu banding tiga dengan kadar kalori 5.856, 13 per gram, kadar karbon 21,45 persen, periode nyala 77,14 menit, dan kadar air 6,27 persen.

Dari segi analisis ekonomi, Anabri telah memiliki kelayakan usaha, hanya butuh penyempurnaan desain dan warna kemasan. Anabri diharapkan dapat menjadi sumber energi ramah lingkungan, yang dapat menggali potensi lokal daerah, serta menjadi peluang usaha baru bagi masyarakat petani jambu mete.