Ciputra Entrepreneurship

Ciputra Entrepreneurship

Rahasia Sukses Wahyu Indra Berbisnis Mie Ayam

06 May 2013 Hits : 7,754

Mie ayam merupakan salah satu jenis makanan kegemaran masyarakat Indonesia. Tak ayal, banyak warung mie ayam bertebaran mulai kelas warung tenda hingga kelas restoran. Salah satu mie ayam yang favorit ialah Mie Ayam Grobakan. Tentunya, untuk membuat Mie Ayam Grobakan dikenal masyarakat dan memiliki puluhan jaringan mitra memerlukan proses yang panjang. Berikut petikan wawancara CiputraEntrepreneurship.com dengan Wahyu Indra mengenai rahasia suksesnya membangun bisnis Mie Ayam Grobakan:
 
Kapan Mie Ayam Grobakan didirikan dan ide apa yang mendasarinya?
Mie Ayam Grobakan di Dirikan pada bulan Juni 2010. Satu setengah tahun sebelumnya sudah mendirikan Warung Bakmiku yang kemudian menjadi Mie Ayam Grobakan.

Usaha ini pada awalnya didirikan untuk istri yang mau resign dari kantor sebelumnya karena sudah capek untuk kerja kantoran berangkat subuh dan pulang ke rumah jam 8 malam. Di samping itu saya adalah penggila mie ayam dari dulu sekolah sampai dengan kerja.

Hal ini kami pikir untuk membantu pemasukan keluarga  untuk membiayai kehidupan sehari-hari. Dan saya waktu itu belum focus menjalankan usaha ini karena masih memiliki usaha Production House (PH).

Jalan setahun usaha ini jalan di tempat, malah hampir tutup, untung saya mendapat ilmu dari pedagang tongseng di daerah Kukusan, Depok yang sudah mempunyai ruko sendiri dan dia menasehati saya untuk sabar. Sepuluh tahun pertama dia merasakan naik turun usaha, tapi Alhamdulillah di tahun ke-11 pedagang tongseng tersebut mulai berhasil untuk mencicil membeli sebuah Ruko yang menjadi tempat dagangnya sekarang.

Terlecutlah saya dan saya berpikir waktu itu untuk berhenti dari PH karena kebetulan rekan kerja saya ingin melanjutkan membuat film layar lebar, sementara saya menyadari fisik sudah tidak memungkinkan lagi untuk membuat sebuah proyek layar lebar.

Setelah saya tinggalkan PH, saya fokus menjalankan usaha ini dan Alhamdulillah berdampak baik terhadap penjualan hariannya. Dari sinilah terpikirkan gimana untuk mendapatkan penghasilan yang lebih, kala itu ada dua opsi: Membuka cabang, tapi tabungan langsung terkuras, atau mencoba untuk membuka kemitraan dengan orang lain.

Akhirnya kami mengambil opsi kedua, dengan mulai membuat website, menyusun SOP dan perjanjian kerja. Mulailah saya memasarkan melalui Facebook.

Karena ilmu yang terbatas, enam bulan pertama kemitraan berjalan lambat, hanya ada 10 mitra yang bergabung dengan mie ayam grobakan.

Sejak itu saya mencoba untuk mencari mentor yang dapat membantu saya untuk mempercepat usaha saya, dengan ikhtiar akhirnya saya bergabung di dalam Komunitas Tangan Di atas dan ternyata saya mendapatkan mentor langsung hingga sekarang.

Melalui TDA usaha saya sudah mulai tertata dengan baik dan sudah mencoba untuk memasng iklan di media internet, dan alhasil pertumbuhannya luar biasa.

Keunikan dan atau keunggulan apa saja yang ditawarkan Mie Ayam Grobakan?
Karena saya suka sekali makan mie, maka saya belajar melalui internet dan bertanya ke orang-orang yang ahli bagaimana menyajikan mie yang tidak mengandung bahan pengawet dan kimia serta halal.

Akhirnya saya berhasil memformulasikan mie tersebut menjadi mie rasa resto tanpa pengawet dan kimia dengan harga yang murah.

Banyak mitra yang bergabung dengan kami karena Mie nya beda dengan yang lain, mungkin itu yang menjadi keunikan dari Mie Ayam Grobakan.

Kendala apa saja yang ditemui dalam mengembangkan Mie Ayam Grobakan dan bagaimana mengatasinya?
Seperti saya ceritakan di atas, untuk mengatasi masalah adalah dengan cara sering bertanya dengan orang lain dan mencoba untuk menjadi pendengar yang baik dan yang pasti harus mencari mentor atau berbgabung dengan komunitas dalam menjalan usaha. Kemudian kalau terdapat masalah jangan pernah berkutat pada masalah tapi selalu berpikir bagaimana solusinya.

Siapa saja yang jadi segmen pasar Mie Ayam Grobakan?
Segmen Pasar kami adalah semua golongan baik dari usia, jenis kelamin dan dari berbagai tingkat ekonomi.

Metode promosi apa saja yang telah Mie Ayam Grobakan diterapkan?
Saat ini Mie Ayam Grobakan menerapkan promosi hanya melalui media internet seperti memasang iklan di waralabaku.com dan untuk pensosialiasian kegiatan menggunakan Facebook.

Berapa pendapatan Mie Ayam Grobakan per bulannya? Apa saja target ke depannya?
Alhamdulillah pendapatan mie ayam grobakan sudah cukup untuk membiayai keluarga dan untuk membeli beberapa barang dan kegiatan yang dulu rasanya susah sekarang Alhamdulillah dimudahkan.

Ke depannya usaha ini adalah memperkaya varian rasa, bukan di Mienya akan tetapi di varian topping dari mienya yang akan kita depankan.

6. Saat ini Mie Ayam Grobakan menawarkan franchise/kemitraan, mohon diuraikan perkiraan modal dan BEP-nya?
Kemitraan kami saat ini 7,5 juta belum termasuk ongkos kirim dari gerobak dan perlengkapannya. Dengan penjualan minimum 25 porsi perhari plus minuman dalam waktu 3 5 bulan sudah bisa balik modal, pada kenyatannya ada yang lebih dan ada yang kurang.

Anda tertarik menjadi mitra Mie Ayam Grobakan, silahkan hubungi alamat di bawah ini:

Wahyu Indra
Mie Ayam Grobakan
Jl. Merpati 6 No. 221 Perumnas Depok 1
Telp 021-70880524 HP. 08129649478
www.mieayamgrobakan.com