Ciputra Entrepreneurship

Ciputra Entrepreneurship

Rujak Karaoke, Jajanan Warisan Leluhur yang Langka

04 Jul 2011 Hits : 1,034

Mendengar namanya, bingung membayangkan rasanya. "Rujak karaoke", begitu warga di Pamekasan, Jawa Timur, menyebut salah satu makanan khas kabupaten di Pulau Madura ini. Sebagai jajanan warisan leluhur, rujak karaoke termasuk makanan langka. Tidak banyak orang yang menjualnya. Satu-satunya yang masih melestarikan jajanan ini adalah Riskiyah, 43 tahun, warga Kelurahan Jungcang-cang, Kecamatan Kota Pamekasan. Mencari warung Riskiyah agak sulit. Untuk menuju ke sana harus melewati beberapa gang kecil dan berkelok.

Keunikan rujak ini terletak pada cara penyajiannya. Jika rujak pada umumnya dihidangkan dalam piring, untuk rujak karaoke disajikan dalam buah mentimun. Proses pembuatannya juga unik. Setelah semua bumbu diulek, diambillah satu buah mentimun besar. Bagian ujungnya dipotong, lalu isinya dikeluarkan. Seluruh isi mentimun kemudian dicampur dengan bumbu yang telah diaduk tadi.

Dari buah mentimun yang tersisa kulitnya, di situlah bumbu rujak dimasukkan. Rujak karaoke ala Riskiyah langsung bisa dinikmati. Dinamakan rujak karaoke karena cara makannya seperti orang sedang memegang mikrofon. “Kesulitannya satu, mengeluarkan isi metimun dan menjaga agar kulitnya tidak bocor,” ucapnya.

Rujak karaoke murah meriah. Satu porsi Rp 2.000. Ketika menyantap, di warung Riskiyah tersedia handset untuk menikmati musik dengan pilihan mulai pop sampai kidungan. Menurut Riskiyah, istilah karaoke baru belakangan diberikan. Nama asli rujak ini adalah rujak curek.

Karena cara makannya yang mirip orang sedang karaoke, untuk memudahkan mengingatnya pembeli menyebut rujak karaoke. “Saya sudah 30 tahun jualan rujak. Ini warisan ibu,” tuturnya.

Menurut wanita beranak tiga ini, cara membuat rujak karaoke amat sangat mudah, bahkan bahannya nyaris sama dengan rujak lainnya seperti rujak cingur. Sebut saja kacang goreng, penyedap rasa, petis, gula, dan cabai. “Lalu diulek sampai halus,” kata Riskiyah membuka resep. Mau? (*/Tempointeraktif)