Ciputra Entrepreneurship

Ciputra Entrepreneurship

AmbleFootWear.com, Bisnis Sepatu Online Mahasiswa yang Mendunia

14 Nov 2014 Hits : 1,977


Di saat banyak generasi muda saat ini yang bangga dengan hasil budaya asing, sebagian pemuda Indonesia berusaha menentang arus dengan membuktikan bahwa budaya sendiri pun sama indah dan berkualitasnya. Salah satunya adalah Agit Bambang Suswanto.

Agit menuangkan semangat nasionalismenya yang tinggi itu dalam sebuah bisnis sepatu online yang bernama
AmbleFootWear.com. Ia dikenal sebagai sosok yang memiliki spirit wirausaha yang luar biasa, terbukti dengan upayanya merintis bisnis sepatu ini sejak duduk di bangku kuliah.

Meskipun awalnya ia kurang familiar dengan dunia maya, ia nekat mendirikan situs ecommerce ini dengan pengetahuan apa adanya. Secara otodidak, Agit mampu membuat website dan meluncurkannya.

Keputusan Agit untuk memilih bidang bisnis online memang tepat. Bisnis ini bisa ditangani kapan saja di mana saja hanya dengan berbekal perangkat komunikasi yang tersambung ke Internet. “Saya masih bisa melakukan promosi brand sepatu ini via online meski sedang menghadiri kuliah, layaknya sebuah toko tapi buka 24 jam,” papar mahasiswa manajemen bisnis di sebuah kampus swasta di Bandung tersebut.

Ia sedikit membocorkan kiatnya dalam berpromosi. “Saya gunakan situs ini hanya dengan berbekal word of mouth dan aktif berinteraksi di forum Kaskus untuk memperkenalkan pada banyak pengguna Internet di sana,” tuturnya.  

Untuk anggaran, ia mengaku tidak banyak mengeluarkan uang. “Saya cuma membelanjakan anggaran kira-kira Rp 300.000  untuk membeli domain situs dan hosting di tahun pertama,” Agit menjelaskan. Ia dengan bangga mengatakan jangkauan penjualan dan distribusinya naik pesat meski tidak memiliki satu pun toko fisik.

Agit patut berbangga, apalagi dengan makin mencorongnya  situs ecommerce di mata pembeli asing. “Konsumen berasal dari berbagai negara di dunia, dari Belanda, bahkan sampai Afrika Selatan,” katanya. (Mark/*AP)